Andris Dyan Y. P.
Makna Lagu Dangdut Koplo Karya Nur Bayan dalam Perspektif Semiotika Charles Sanders Peirce
2019 | Tesis | Filsafat, Magister Filfasat, Universitas Gadjah Mada
Abstrak
Penelitian dalam tesis ini berjudul Makna Lagu Dangdut Koplo Karya Nur Bayan Dalam Perspektif Filsafat Semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini bertujuan untuk mengangkat dan menemukan nilai-nilai filosofis tanda sesuai dengan kategori Peirce atas lagu Nur Bayan yaitu: (1) menjelaskan makna lagu koplo; (2) mendeskripsikan makna lagu dangdut koplo dianalisis dalam semiotika Peirce Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang didukung oleh penelitian lapangan. Objek materi penelitian ini adalah lagu dangdut koplo. Data penelitiannya diperoleh dari buku album lagu dan wawancara dengan pencipta sekaligus penyanyi. Setelah data terkumpul objek materi dipandang dan dianalisis dengan menggunakan semiotika Peirce. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode hermeneutika. Metode interpretasi, induksi dan deduksi, bahasa inklusif dan deskripsi digunakan untuk menafsirkan data yang diperoleh sehingga didapatkan makna baru dan pemahaman yang lebih komprehensif tentang pengertian nilai filosofis dari simbol-simbol dalam lagu dangdut koplo Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat makna analisis berdasarkan kajian semiotika Peirce, (1) analisis kategori tanda dalam lagu dangdut koplo merupakan sarkastik dan humor; (2) semiosis, representasi dan interpretan dalam lagu dangdut koplo merupakan perilaku masyarakat berdasarkan fakta; (3) pendekatan terhadap tanda-tanda dalam lagu dangdut koplo merupakan unsur budaya dan lokalitas; (4) relasi antara firstness, secondness, dan thirdness sebagai pendekatan trikotomis dalam dangdut koplo merupakan curahan kasih sayang
This thesis is entitled as The Meaning of Nur Bayan Koplo Dangdut Song in Charles Sanders Peirce Semiotic Philosophy Perspective. This thesis aimed to raise and find philosophical values of signs in accordance with the category C.S.P for song Nur Bayan, namely: (1) to explain the meaning of the Dangdut Koplo songs; (2) to describe the meaning of dangdut koplo songs, analyzed semiotics C.S.P. This thesis is library research supported by field research. The object of this thesis research material is the dangdut koplo songs. This research data was obtained from song’s album books and interviews with the creators and singers. After the data was collected, the material objects are seen and analyzed using semiotics C.S.P. The data will then be analyzed using the hermeneutic method. Method of interpretation, induction and deduction, inclusiv language and description are used to interpretan the data obtained so that new meanings and a more comprehensive understanding of the philosophical values of symbol in the dangdut koplo song are obtained. The results of research shows that there are four meanings of analysis based on the study of C.S.P semiotic, (1) the analysis of the sign categories in dangdut koplo songs are sarcastic and humorous; (2) semiotic, representations and interpretants in dangdut koplo songs are facts based on people’s behavior; (3) the approach to the signs in the dangdut koplo song is an element of culture and locality; (4) the relationship between firstness, secondness, and thirdness as trichotomy in dangdut koplo is an outpouring of affective
Kata Kunci: Oplosan, Koplo, Semiosis, Trikotomis